Jumat, 21 Juni 2013

Manfaat Air Bekas Cucian Beras

Kandungan dan Manfaat Air Bekas Cucian Beras

Kandungan Air Bekas Cucian Beras atau â??leriâ?,
biasanya orang jawa menyebutnya, ternyata mempunyai manfaat  yang besar. Tapi yang sudah diketahui pasti maanfaatnya untuk tanaman. Sedangkan untuk yang lainnya belum ada yang meneliti.
Bicara tentang manfaat pasti pikiran kita tertuju pada kandungan apa yang ada dalam air bekas cucian beras.Bicara tentang kandungan air cucian beras identik dengan kandungan yang terdapat pada kulit ari atau lapisan terluar dari beras karena yang larut dalam dalam air waktu mencuci beras adalah lapisan terluarnya saja. Padahal kandungan nutrisi beras yang paling tinggi ada dikulit arinya.
Pada waktu mencuci beras air bekas cucian beras biasanya keruh. Kandungan nutrisi apa yang terdapat pada air bekas cucian beras atau kulit ari beras itu sehingga menyebabkan airnya jadi keruh? Menurut penelitian kulit ari beras kaya akan kandungan serat  dan mengandung vitamin B1, B3, B6,Posfor, Zat besi dan mangan.
Kandungan Air Bekas Cucian BerasKandungan nutrisi inilah yang kemudian apabila air bekas cucian beras tersebut digunakan untuk menyiram tanaman, dapat berfungsi sebagai pupuk. Kandungan posfornya bisa memacu pertumbuhan akar , dan kandungan zat besinya bisa membantu pembentukan klorofil tanaman atau tumbuhan tersebut,sehingga tanaman kita menjadi lebih subur . Dengan demikian bisa dikatakan bahwa air leri bisa digunakan sebagai pupuk.
Untuk itu mulai saat ini mari kita manfaatkan air â??leriâ? ini untuk menyuburkan tanaman kita dengan cara menyiramkan pada tanah sebagai media tanam. Daripada dibuang begitu saja, mubadzir kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar